Abstrak: Sekolah Inklusif merupakan salah satu bentuk fasilitas kebutuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang telah dideklarasikan secara resmi pada tahun 2004. Pada sekolah inklusi sistem pembelajaran siswa berkebutuhan khusus dilakukan bersama dengan siswa normal. Di beberapa sekolah ada yang menyertakan shadow teacher sebagai pendamping siswa belajar dengan tujuan membantu siswa tberkebutuhan khusus dapat berhubungan baik dengan lingkungannya. Pelaksanaan pendampingan harus dsertai strategi khusus yang disesuaikan dengan ketunaan siswa yang didampingi dan kebutuhan belajarnya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan shadow teacher di SDN Sumbersari 2 Kota Malang dalam pendampingan siswa berkebutuhan khusus, khususnya siswa yang memimiliki ketuanaan tunagrahita jenis down syndrome dan siswa berkesulitan belajar jenis Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dampak strategi pendampingan terhadap interaksi belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Tahap analisis data yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, kategorisasi, dan sintesisasi. Berdasaran penelitian dapat diambil dua kesimpulan. Pertama, strategi menyalin teks, strategi memberikan garis bawah pada tulisan, strategi mendikte per huruf atau per suku kata, strategi menunjukkan tulisan yang sedang dibaca dengan alat bantu tertentu, strategi menyederhanakan bahasa dalam soal, strategi memberi stimulus secara lisan atau dengan gambar, strategi menegur siswa dengan lisan maupun dengan sentuhan, dan strategi membawa siswa belajar ke tempat yang lebih sepi atau tenang dapat meningkatkan konsentrasi siswa ADHD dalam kegiatan pembelajaran bersama guru di dalam kelas. Kedua, strategi menyederhanakan tugas, strategi memberikan materi dengan bahasa sederhana yang diulang-ulang, strategi menggunakan contoh yang dekat dengan kehidupan siswa, strategi menggunakan media benda konkret, strategi mengajak melakukan hal-hal yang menarik, strategi memberi pertanyaan yang sederhana yang dekat dengan kehidupan siswa down syndrome dapat meningkatkan kemampuan akademik dan kemampuan komunikasi siswa down syndrome.
Kata kunci: strategi, shadow teacher, siswa berkebutuhan khusus
Wulandari, Cahyaning (2019) Peran strategi shadow teacher dalam pendampingan siswa berkebutuhan khusus pada interaksi belajar di SDN Sumbersari 2 Kota Malang / Cahyaning Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id