Abstrak: Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga kurang merangsang keaktifan siswa. Sikap disiplin siswa kurang, dan sikap kerjasama belum muncul karena guru hanya melaksanakan pengelolaan kelas secara klasikal. Hasil belajar PKn siswa kelas II SDN 1 Kerjo hanya mencapai ketuntasan klasikal sebesar 33,3%, maka tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN 1 Kerjo melalui model Role Playing. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaaan, pengamatan, pelaksanaan dan refleksi. Data diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data proses dan data hasil belajar. Data proses didapatkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Data hasil belajar diperoleh dari nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkataan, pada siklus I aktivitas guru mencapai 86% dengan kriteria baik dan aktivitas siswa 78% dengan kriteria cukup kemudian pada siklus II aktivitas guru mencapai 100% dengan kriteria sangat baik sedangkan aktivitas siswa mencapai 94% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek pengetahuan menunjukkan rata-rata pada siklus I mencapai 75,8 dengan persentase ketuntasan klasikal 70% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan perolehan rata-rata 88,4 dan persentase ketuntasan klasikal 90% dengan kriteria sangat baik. Aspek sikap dan keterampilan juga mengalamai peningkatan pada setiap pertemuan dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan paparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing telah dilakukan dengan baik dan sesuai, terbukti dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II, hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Kerjo pada materi hubungan simbol dan sila Pancasila meningkat hingga 90% dengan kriteria sangat. Saran yang didasarkan pada penelitian ini adalah hendaknya guru mempelajari berbagai macam model pembelajaran dan menerapkanya dalam proses belajar mengajar, penerapan model pembelajaran yang sesuai akan meningkatkan hasil belajar siswa. Pemberian motivasi juga sangat mempengaruhi ketersediaan siswa untuk belajar dengan baik.
Kata kunci: hasil belajar, role playing, hubungan simbol dan sila
Dini, Annisa Setia (2019) Peningkatan hasil belajar muatan PKn materi hubungan simbol dan sila Pancasila melalui model role playing di kelas II SDN 01 Kerjo Kabupaten Trenggalek / Annisa Setia Dini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id