Abstrak: Majalah anak adalah media cetak yang berisi tentang dunia masa kanak-kanak, sehingga mampu untuk membantu perkembangan anak dalam berbagai hal. Keterampilan menuliskan kembali isi teks secara tertulis merupakan kemampuan siswa untuk mengungkapkan kembali isi dari suatu bacaan yang telah dibaca menggunakan susunan kalimatnya sendiri dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Dari hasil kegiatan pratindakan yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Wandanpuro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang, siswa sebenarnya mampu untuk menyelesaikan pekerjaan menuliskan kembali isi teks namun masih belum sempurna karena siswa tidak sepenuhnya mencermati isi teks dengan alasan teks tersebut kurang menarik karena teks tidak memuat gambar. Penelitian ini bertujuan agar dari penggunaan media majalah anak dapat meningkatkan keterampilan menuliskan kembali isi teks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pengumpulan data melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Wandanpuro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2018/2019. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa keseluruhan yaitu 61,27. Sedangkan nilai pada siklus II, yaitu 72,05. Sehingga nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II 66,66. Pada siklus III pertemuan pertama nilai rata-rata siswa keseluruhan 72,27. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus IV, yaitu 81. Sehingga nilai rata-rata siswa pada siklus III dan IV 76,63 dan nilai tersebut sudah memenuhi KKM yaitu 70. Jadi dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari siklus I sampai dengan siklus IV mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media majalah anak dapat meningkatkan keterampilan menuliskan kembali isi teks. Disarankan agar siswa lebih berani untuk bertanya terkait hal yang kurang dipaham dari teks, dengan memahami maksud dan isi teks siswa akan lebih terampil dalam menuliskan kembali isi teks serta guru lebih kreatif dan lebih variatif dalam menggunakan media pembelajaran.
Kata kunci: Majalah Anak, Keterampilan Menuliskan Kembali, Sekolah Dasar
Mulyandari, Aprillia Tri (2019) Penggunaan media majalah anak untuk meningkatkan keterampilan menuliskan kembali isi teks siswa kelas IV SDN 1 Wandanpuro Bululawang Malang / Aprillia Tri Mulyandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id