Abstrak: Model pembelajaran guided inquiry merupakan model pembelajaran yang membimbing peserta didik memperolah pengetahuan melalui proses inquiry. Model ini sesuai untuk pembelajaran IPA yang berawal dari fakta, membentuk konsep hingga teori. Pembelajaran IPA di SDIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar telah menggunakan modul pembelajaran yang disusun oleh tim guru. Didalamnya juga terdapat LKPD untuk kegiatan percobaan, namun pada materi perpindahan panas belum menunjukkan kegiatan berbasis inquiry. Untuk melengkapi bahan ajar yang telah ada maka dilakukan penelitian dan pengembangan LKPD berbasis guided inquiry materi perpindahan kalor untuk kelas 5. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan LKPD yang valid menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa, pengguna, dan praktis untuk peserta didik kelas 5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan langkah penelitian pengembangan model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Penelitian menghasilkan data dalam bentuk akhir deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif bersumber dari angket validasi oleh validator ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan guru kelas 5 sebagai pengguna, Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator dan pengguna. Produk LKPD mencapai nilai validasi materi 87% atau sangat valid, nilai validasi media 100% atau sangat valid, nilai validasi bahasa 100% atau sangat valid, nilai validasi pengguna 92% atau sangat valid dan nilai kepraktisan produk mencapai 98% atau sangat praltis . Kevalidan produk berada pada rentang nilai 85,01%-100%, sehingga peroduk LKPD berada dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan produk berada pada rentang nilai 81%-100% sehingga produk dinyatakan sangat praktis. Penelitian dan pengembangan menghasilkan kesimpulan bahwa produk sangat valid dan sangat praktis dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan hanya terbatas pada peserta didik di SDIT Al-Hikmah Bence Garum. Apabila hendak menggunakan produk LKPD di SD lain perlu diperhatikan kesesuaian antara LKPD berbasis guided inquiry dengan keadaan guru dan peserta didik. Sehingga dapat dilakukan evaluasi dan penyesuaian LKPD sebelum digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: LKPD, guided inquiry, perpindahan kalor
Ashari, Dona (2019) Pengembangan LKPD berbasis guided inquiry pada materi perpindahan kalor di kelas 5 SDIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar / Dona Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id