Pengembangan e-modul interaktif materi bangun datar kelas IV di MI Perwanida Kota Blitar

Abstrak: Materi bangun datar merupakan salah satu topik dalam matematika yang cukup menarik bagi guru dan peserta didik. Untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar, guru perlu mengorganisasikan materi tersebut yang kemudian dikembangkan ke dalam bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah e-modul interaktif. E-modul interaktif merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup materi dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri oleh pengguna yang akan berinteraksi dengan program dan bersikap aktif. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru matematika kelas IV MI Perwanida Kota Blitar, diperoleh informasi yaitu, (1) tersedianya laboratorium komputer di sekolah (2) motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang. Berdasarkan paparan tersebut, perlu dikembangkan e-modul interaktif dengan judul "Pengembangan E-modul Interaktif Materi Bangun Datar kelas IV di MI Perwanida Kota Blitar". Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan e-modul interaktif materi bangun datar untuk peserta didik MI kelas IV yang valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis menurut pengguna, dan menarik bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi, mengambil 7 dari 10 tahapan, meliputi (1) pengumpulan data, (2) perencanaan pengembangan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan tahap pertama, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan tahap kedua. Pengembangan e-modul interaktif divalidasi oleh 3 ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan guru matematika kelas IV sebagai pengguna, yang mendapatkan skor rata-rata keseluruhan sebesar 96,8%, sehingga mendapatkan predikat sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Selain dari ahli, respons peserta didik terhadap e-modul interaktif sangat baik. Dari hasil penyebaran angket, skor uji coba lapangan tahap pertama dan uji coba lapangan tahap kedua mendapatkan skor rata-rata sebesar 96,65%, sehingga mendapatkan predikat sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran. Produk penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar sekaligus media pembelajaran. E-modul interaktif diharapkan dapat digunakan pada lingkup pendidikan yang lebih luas dengan menyesuaikan situasi dan kondisi sasaran yang dituju, serta dapat dikembangkan untuk materi-materi yang lain, tidak hanya materi bangun datar saja. Selain itu, setelah dilakukan uji kelayakan, e-modul interaktif dapat diujicobakan keefektifannya untuk pengembangan lebih lanjut.

Kata kunci: E-Modul, Interaktif, Bangun Datar

Subarkah, Bangun Adi (2019) Pengembangan e-modul interaktif materi bangun datar kelas IV di MI Perwanida Kota Blitar / Bangun Adi Subarkah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts