Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang

Abstrak: Karangan narasi merupakan karangan yang didalamnya menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia yang terjadi dalam suatu rangkaian waktu. Menulis karangan narasi perlu memperhatikan tata bahasa yang digunakan, salah satunya kata penghubung. Kata penghubung dibagi menjadi 2 macam, yaitu kata penghubung koordinatif dan kata penghubung subordinatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis ketrampilan menggunakan kata penghubung meliputi kata penghubung koordinatif dan kata penghubung subordinatif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kata penghubung dalam karangan narasi. Sumber data diperoleh dari hasil karangan narasi siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang yang berjumlah 39 siswa. Ketrampilan menggunakan kata penghubung siswa ditunjukkan dengan jumlah kesalahan yang terdapat pada masing-masing kategori kata penghubung. Terdapat jumlah kesalahan penggunaan kata penghubung koordinatif yaitu sebanyak 194 kata penghubung dari 722 kata penghubung koordinatif, dan jumlah kesalahan dalam penggunaan kata penghubung subordinatif yaitu sebanyak 33 kata penghubungdari 356 kata penghubung subordinatif yang ditemukan pada 34 hasil karangan narasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketrampilan siswa dalam menggunakan kata penghubung subordinatif lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat ketrampilan siswa dalam menggunakan kata penghubung koordinatif. Dari penelitian ini bagi kepala sekolah diharapkan dapat menyediakan fasilitas pendukung dalam pembelajaran. Bagi guru diharapkan dapat memperhatikan ketrampilan siswa dalam menggunakan kata penghubung, terus mengingatkan, dan membimbing siswa bila siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan kata penghubung. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menambahkanaspek yang akan diteliti untuk mengetahui ketrampilan siswa dalam menggunakan kata penghubung.

Kata kunci: Analisis, kata penghubung, karangan narasi

Anggriawati, Avitaruna Dwi (2019) Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts