Abstrak: Buku siswa merupakan salah satu buku teks pelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 berisi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan karena terdapat ketidaksesuaian pada tema 1 subtema 4 pembelajaran 1 dan tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 yang hanya memuat 2 kegiatan saintifik. Diduga ketidaksesuaian terdapat pada pembelajaran dalam tema dan subtema lain juga. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kesesuaian buku siswa kelas III SD revisi 2018 tema 1 “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup†dengan pendekatan saintifik, (2) mendeskripsikan kesesuaian buku siswa kelas III SD revisi 2018 tema 2 “Menyayangi Tumbuhan dan Hewan†dengan pendekatan saintifik, (3) mendeskripsikan kesesuaian buku siswa kelas III SD revisi 2018 tema 3 “Benda di Sekitarku†dengan pendekatan saintifik, (5) mendeskripsikan kesesuaian buku siswa kelas III SD revisi 2018 tema 4 “Kewajiban dan Hakku†dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi/dokumen karena data diperoleh dari menganalisis dokumen yang berupa buku siswa. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan olahan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu Buku Siswa Kelas III SD Revisi 2018 Semester 1 terbitan Kemendikbud. Fakta yang diperoleh dari hasil analisis, buku siswa kelas III SD revisi 2018 semester 1 kegiatan saintifik mengamati muncul 239 kali dalam 94 pembelajaran, kegiatan saintifik menanya muncul 101 kali dalam 65 pembelajaran, kegiatan saintifik mencoba muncul 251 kali dalam 94 pembelajaran, kegiatan saintifik menalar muncul 144 kali dalam 81 pembelajaran, dan kegiatan saintifik mengkomunikasikan muncul 185 kali dalam 83 pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi sekolah supaya tetap harus disediakan sumber belajar pendukung selain buku siswa sebagai tambahan untuk menutupi kekurangan dalam buku siswa, bagi guru supaya lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, bagi pengembang buku siswa supaya perlu diperhatikan lagi pada kegiatan menanya, karena kegiatan menanya menuntun siswa berpikir kritis dan memuaskan rasa ingin tahu dalam diri siswa, bagi peneliti lain/mahasiswa PGSD supaya melakukan penelitian yang serupa menggunakan sumber, metode, dan pendekatan yang berbeda guna untuk menilai kesesuaian dari sumber belajar yang digunakan oleh satuan pendidikan khususnya sekolah dasar.
Kata kunci: Buku Siswa , Pendekatan Saintifik, Kesesuaian Buku
Prasetyo, Boby Agil (2019) Analisis kesesuaian buku siswa kelas III SD revisi 2018 semester 1 dengan pendekatan saintifik / Boby Agil Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id